Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khotbah Yohanes 10: 11 - 18 Yesus Gembala yang Baik

 Minggu Jubilate; 21 April 2024

10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

10:12 sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.

10:13 Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.

10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.

10:18 Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Perikop “Akulah Gembala yang Baik” berlatar belakang kisah tentang orang yang buta sejak lahir (9:1-34). Yesus menyembuhkan orang buta itu, sehingga memicu kontroversi dengan orang-orang Farisi, yang menolak percaya bahwa Yesus telah melakukan mukjizat dan mencoba mendiskreditkan Yesus. Kisah tersebut berakhir dengan orang yang tadinya buta memberikan kesaksian tentang Yesus dan orang-orang Farisi mengusirnya, suatu kejadian yang ironis di mana orang yang tadinya buta itu diberkati dengan wawasan rohani serta penglihatan fisik sementara para pemimpin rohani Israel menolak untuk melihat sebuah fakta yang Yesus angkat dalam pengajaranNya tentang kebutaan rohani (9:35-41). Yesus kemudian menggunakan berbagai metafora pastoral tentang domba, penjaga gerbang, dan pintu gerbang kandang domba (10:1-10), pertama-tama memperkenalkan diri-Nya sebagai pintu gerbang kandang domba (ay.7) dan kemudian sebagai gembala yang baik (ay.11). . Ia membandingkan dirinya dengan pencuri, penyamun yang tidak masuk melalui pintu gerbang (ay.1) dan orang asing yang tidak mau diikuti oleh domba (ay.5). Kemudian ia membandingkan dirinya dengan pekerja upahan yang seharusnya menggembalakan domba, namun sebenarnya hanya mementingkan kesejahteraan pribadinya (ay.12-13). Bagi Yesus, menggunakan teladan menjadi seorang gembala yang baik adalah hal yang masuk akal, karena hal itu merupakan salah satu pekerjaan utama di seluruh Palestina pada zamannya. Pendengarnya tahu tentang mereka. Orang-orang yang memelihara kawanan domba berasal dari tingkat sosial ekonomi terendah, dengan sedikit atau tanpa pendidikan sama sekali. Namun, mereka mempunyai tanggung jawab penting untuk menyediakan dan melindungi domba, terkadang dengan pengorbanan.

“Akulah bahasa Yunani ego eimi gembala yang baik” (ayat 11a). Ego eimi adalah ungkapan penting dalam Injil Yohanes ini, yang memuat sejumlah ungkapan “Akulah”: Ego eimi, Akulah dia (4:26); Ego eimi, Akulah roti hidup (6:35); Ego eimi, Akulah roti hidup (6:51). Ego eimi, Akulah terang dunia (8:12; 9:5); Sebelum Abraham ada, Ego eimi (8:58); Ego eimi, Akulah pintu domba (10:7); Ego eimi, Akulah pintunya (10:9); Ego eimi, Akulah gembala yang baik (10:11); Ego eimi, Akulah kebangkitan dan hidup (11:25); Ego eimi, Akulah jalan, kebenaran, dan hidup (14:6); Ego eimi, Akulah pokok anggur yang benar (15:1). Ego eimi dapat dipahami sebagai perkataan yang mengacu pada perjumpaan Musa dengan Tuhan berabad-abad sebelumnya. Pada kesempatan itu, ketika Musa menanyakan nama Tuhan, Tuhan menjawab, “Katakanlah ini kepada umat Israel: 'AKUlah yang mengutus Aku kepadamu'” (Keluaran 3:14). Dalam ayat tersebut, “AKU” adalah “ego eimi”. Selain itu, dalam Yesaya 40-55, Tuhan menggunakan frasa “Akulah” ini berulang kali untuk merujuk pada diri-Nya sendiri. Dengan kata lain, ego eimi dapat diartikan sebagai nama Tuhan. Ketika Yesus menggunakan kata ego eimi pada dirinya sendiri, dia secara halus mengidentifikasi dirinya sebagai Tuhan. Pernyataan ego eimi ini memberitahu kita bahwa Yesuslah yang dapat memenuhi kebutuhan dan kerinduan terdalam kita.

“Gembala yang baik memberikan nyawanya demi domba-dombanya” (ayat 11b). Hal ini mengingatkan kita pada Daud, anak gembala yang membunuh singa dan beruang demi membela dombanya (1 Samuel 17:35-36). Tentu saja beberapa penggembala kehilangan nyawanya saat mencoba melindungi dombanya dari binatang liar atau pencuri. Menjadi seorang gembala bukan untuk mereka yang penakut. Namun Yesus lebih dari itu. Gembala yang baik akan mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi dombanya, tetapi itu berbeda dengan menyerahkan nyawanya. Gembala yang mempertaruhkan nyawanya demi dombanya tidak berharap mati, tapi berharap untuk hidup. “Gembala yang baik memberikan nyawanya demi domba-dombanya” (ayat 11b). Meskipun seorang gembala yang baik tidak pergi ke ladang dengan niat untuk mati, Yesus akan melakukan hal itu dalam ketaatan kepada Bapa (ayat 18). Yesus datang ke dunia untuk mati di kayu salib, dan kematian Anak Domba Allahlah yang menyelamatkan kita dari kematian (1:29; Wahyu 7:17).

Jika ada gembala yang baik, pasti ada pula gembala yang buruk. Yesus mengontraskan gembala yang baik, bukan dengan pencuri, melainkan dengan orang upahan. seseorang yang hanya peduli pada gajinya saja, yang tidak mempunyai kasih sayang terhadap domba-dombanya dan tidak merasakan tanggung jawab yang besar terhadap domba-dombanya Orang sewaan seperti itu hanya akan menggembalakan domba sampai ia menerima tawaran yang lebih baik. Pada waktu itu banyak tuan tanah dan pemilik domba yang tidak punya waktu karena mengurusi perdagangan di perkotaan sehingga mempekerjakan gembala-gembala upahan.  Dan karena hanya seorang upahan dan bukan pemilik maka para gembala itu bisa berbuat semaunya terhadap domba-domba yang dipercayakan kepada mereka. Jika seekor domba tersesat di malam hari, ia dapat dengan mudah membenarkan tinggal bersama kawanannya daripada mencari domba yang tersesat. Jika seekor singa mengintai domba, pekerja upahan dapat dengan mudah membenarkan pengorbanan satu atau dua ekor domba untuk menyelamatkan kawanannya dan dirinya sendiri.

Aku adalah gembala yang baik. Aku tahu ( ginosko ) milikku sendiri dan aku dikenal oleh milikku sendiri” (ayat 14). Dalam ayat 14, gembala yang baik mengenal ( ginosko ) dombanya dan domba-dombanya mengenalnya. Ginosko lebih dari sekadar pengetahuan, ini melibatkan pengalaman atau hubungan, Yesus berbicara tentang hubungan yang sangat penting. Yesus  yang adalah pintu sekaligus gembala dan ketika memanggil domba-dombaNya satu persatu maka Dia juga akan memeriksanya satu persatu. Dan sekiranya ada luka akan dirawat dan yang kotor akan dibersihkan. Demikian juga dalam hidup kita maka apapun yang sedang kita alami maka Yesus sang gembala itu tidak hanya melihat kita sebagai kawanan tetapi juga secara pribadi dimana Dia mengerti semua yang kita alami sehingga kita bisa merasa tenang. Saat Tuhan mengenal kita, ini juga berarti Ia tahu dengan jelas semua pergumulan, kepahitan, kekecewaan, dan bahkan semua kebutuhan kita. Lalu mengapa kita harus kuatir seakan-akan kita berjuang sendiri di dunia ini tanpa ada yang menolong kita?

Pertanyaannya ialah: “Kenalkah kita dengan gembala kita? Kenalkah kita dengan suara gembala kita?” Jangan sampai kebisingan dunia dan hiruk pikuk kesibukan kita membuat kita kurang mengenal gembala kita dan bahkan tidak dapat lagi mendengar suaranya. Kini yang menjadi pertanyaan, domba seperti apakah Saudara dan saya? Suara siapakah yang Saudara ikuti? Dan yang tak kalah penting, khotbah hari ini akan mengajak kita untuk berdiam sejenak dan bertanya pada diri sendiri, ‘Akukah domba yang baik?’. Sebagai domba, seharusnya kita tetap percaya kepada Tuhan dan tetap berserah walaupun keadaan tidak seperti yang kita harapkan. Tanda kita mengenal Gembala yang benar yakni Tuhan Yesus, kita patuh kepada Firmannya salah satu taat beribadah.

Post a Comment for "Khotbah Yohanes 10: 11 - 18 Yesus Gembala yang Baik"